Destinasi Pulau SpongeBob di Kalimantan Timur Yang Ciamik

  • Whatsapp
Pulau SpongeBob
Pulau SpongeBob

Destinasi Pulau SpongeBob di Kalimantan Timur Yang Ciamik – Tahukah kamu Bikini Bottom Island di film Spongebob Squarepants? Sebuah pulau kecil berpasir putih di pesisir pantai dengan pohon kelapa yang menjulang tinggi terhampar di tengah laut biru yang jernih. Sangat terpencil tapi indah, bukan? Di Berau, Kalimantan Timur, terdapat pulau dengan sebutan Manimbora yang mempunyai pemandangan yang sangat mirip dengan pulau atol di atas Bikini Bottom. Pulau itu tidak terlalu besar. Dari kapal saja, bentuk seluruh pulau akan terlihat jelas. Bahkan, jika mau, Anda bisa berkeliling seluruh pulau hanya dalam waktu 30 menit.

pulau spongebob kartun
pulau spongebob kartun

 

Dengan luas tak lebih dari dua kali lapangan voli, pulau ini tak berpenghuni. Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa jalan-jalan ke sini, lho. Pulau Spongebob, itulah julkan turis Jerman terhadap pulau ini, berada pada jalur wisata dari dan menuju Derawan, Kalimantan Timur. Dengan begitu, jika Anda berniat berwisata ke Derawan, Anda bisa mampir ke pulau unik ini saat berangkat atau pulang dari Derawan.

Saat berkunjung ke Pulau Manimbora, ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan. Anda pasti harus berenang di pantai berpasir putih. Apalagi ombak di pulau ini relatif kecil. Anda juga bisa berfoto di pesisir pantai pulau ini. Saat air laut sedang surut, pasir putih terhampar ke laut dengan laguna di tepinya. Jangan lewatkan spot foto di atas pasir putih. Anda akan terlihat seperti sedang berdiri di laut lepas.

 

Pulau SpongeBob
Pulau SpongeBob

Pulau Manimbora hanya ditutupi oleh beberapa pohon kelapa yang tinggi. Kini pohon kelapa ini biasa digunakan sebagai tempat berteduh dan peristirahatan bagi para pelancong yang kelelahan akibat ekspor yang ekstrim. Selain itu, Pulau Manimbora sendiri mempunyai pasir putih yang sangat lembut dan indah. Air laut di sekitar Pulau Manimbora juga sangat jernih kebiruan menambah keindahan eksotis berpadu dengan awan putih dan deburan ombak.

Usai berfoto dan berenang, jika Anda cukup berjiwa petualang, keliling pulau saja. Terdapat beberapa hal seru dan langka yang bisa kamu lihat di Pulau Manimbora, salah satunya merupakan tengkorak manusia. Tengkorak memang terlihat tersebar di beberapa tempat di pulau ini.

Kok bisa ada tengkorak manusia di pulau tak berpenghuni?

Tengorak yang bukan milik bajak laut yang mati di sana, melainkan milik suku Bajo. Suku pelaut laut sering menggunakan Pulau Manimbora sebagai tempat pemakaman bagi warganya yang telah meninggal. Beberapa tengkorak memiliki batu nisan, sementara yang lain dibiarkan berserakan di pulau itu. Sekaligus bikin merinding, ya

Bahkan saat air laut sedang surut, kita bisa melihat hamparan pasir putih yang terhampar ke laut dengan laguna di tepinya. Biasanya hamparan pasir putih inilah yang biasa dijadikan spot foto keren bagi para traveller. Pulau Manimbora memang tidak berpenghuni, jadi buat kamu yang ingin datang ke pulau ini wajib membawa minuman atau makanan sendiri, tapi ingat jangan membuang sampah sembarangan.

Padahal, jika beruntung, saat berkunjung ke Pulau Manimbora, Anda akan melihat acara ritual tahunan oleh warga sekitar. Beberapa persembahan dan ritual dilakukan di sini.

Mengingat Pulau Manimbora tidak berpenghuni, maka tidak disarankan untuk menginap di sini. Datanglah di pagi hari atau sebelum matahari terbenam. Selain itu, saat berkunjung, pastikan Anda membawa semua yang Anda butuhkan. Misalnya makanan dan minuman, topi, hingga alas duduk. Meski persiapan ke pulau ini merepotkan, pengalaman yang kamu dapatkan saat berkunjung ke “Pulau Spongebob” merupakan pengalaman tak terlupakan.

Baca juga: Destinasi wisata alam Menado

Related posts