Cara Membuat VPS di Google Cloud

  • Whatsapp
cara membuat vps di google cloud
cara membuat vps di google cloud

Cara Membuat VPS di Google Cloud – Apakah kamu sudah mengenal dengan Google Cloud Platform? Google Cloud Platform merupakan salah satu pelayanan cloud yang disediakan oleh perusahaan raksasa teknologi Google. Adapun macam produk dan layanannya banyak ragam. Yang meliputi IoT, Machine Learning, Big Data, Networking, Storage dan Compute.Cara membuat VPS (Virtual Private Server) di Google Cloud mesti diawali dengan pembuatan SSH Key.

Pembuatan VPS di google cloud platform dapat memungkinkan dengan adanya layanan dari google engine. Untuk cara membuatVirtual Private Server (VPS) di Google Cloud sangat mudah. Kamu terlebih dahulu harus mempersiapkan segala sesuatu. Salah satunya kamu mesti memiliki akun google cloud. Untuk menggunakan layanan ini dikenakan biaya.

 

Macam-Macam Perusahaan Cloud

Berbagai perusahaan bergerak dalam layanan cloud. Misalkan Alibaba, Microsoft Azure, Amazon Web Services dan Google. Setiap layanan yang diberikan oleh mereka mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk mengetahuinya, marilah kita mulai dengan penjelasan tentang Alibaba Cloud.

 

1.Alibaba Cloud

alibaba
alibaba cloud

Yang menyediakan layanan cloud bukan hanya Google. Tapi juga perusahaan besar lainnya menyediakan layanan cloud seperti Alibaba yang diberi nama Alibaba Cloud. Produk layanan cloud ini menggunakan teknologi yang sangat canggihberupa komputasi awan yang sifatnya komprehensif dan sangat aman.

Kemudahan akan didapatkan penggunanya dengan layanani ini. Sehingga mereka dapat melaksanakan bisnis tanpa adanya hambatan ruang dan tempat. Ia dapat melaksanakan suatu bisnis di tempat manapun dan kapanpun dan dengan orang mana pun di dunia. Alibaba Cloud mempunyai beberapa kelebihan. Seperti mempunyai data center di tanah air tepatnya di Jakarta.

Alibaba Cloud mempunyai kekurangan dari segi fitur dan menu yang sangat membingungkan khususnya bagi pemula. Selain itu, kebijakan dan harga cloud kerapkali berubah-ubah.

 

2. Amazon Web Services

aws
amazon web series

Amazon Web Services adalah salah satu layanan yang diberikan oleh perusahaan Amazon untuk kebutuhan cloud. Layanan ini dapat kamu pertimbangkan karena memberikan jaminan yang lebih baik kualitasnya dibandingkan para pesaingnya. Beberapa perusahaan startup sudah banyak yang memakai layanan Amazon Web Service. Mereka terbantu dengan penghematan biaya dan inovasi yang diberikan AWS.

Amazon Web Service memberikan layanan yang lebih lengkap. Paling tidak, terdapat 175 layanan dari AWS. Yang mencakup Internet of Things atau IoT, artificial Intelligence atau AI, penyimpanan data base dan penyimpanan data dalam jumlah besar. Ada banyak macam dan ragam dari AWS. Yang membuat kamu lebih bebas menentukan cloud yang sesuai keperluan kamu.

Berikut ini beberapa layanan yang diberikan oleh Amazon Web Services, antara lain:

-Cloud computing. Kamu bisa memilih jenis cloud AWS Lambda, EKS, Elastic Beanstalk, LightSail, dan EC2

-Migrasi Data. Yang meliputi Snowball, SMS dan DMS

-Penyimpanan data. Yang meliputi : AWS Storage Gateway, Amazon Elastic Block Store, dan Amazon Glacier.

 

3.Google Cloud Platform

cara membuat vps di google cloud
cara membuat vps di google cloud

Untuk cara membuat VPS di Google Cloud, kamu mesti mengetahui  apa itu layanan Google Cloud Platform. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengunjungi situs resminya di : cloud.google.com. Setelah kamu berkunjung ke situs resmi tersebut akan terdapat penjelasan lengkap tentang Google Cloud. Silahkan kamu baca selengkapnya hingga scroll ke bawah.

Kamu akan melihat sejumlah perusahaan besar dan skala internasional yang telah menggunakan layanan Google Cloud. Seperti Paypal, PT Unilever, Nintendo, Brown, Australia Post, Arizona, perusahaan NYC, Twitter, Macys, ULTA Beauty, Renault, Spotify, Carefour, Toyota, AT&T, LG, Airbus, The Newyork Times, Roche, Goldman Sachs, Shopify, Discovery, Lufthansa Group, BBVA,  Colgate Palmolive, The Home depot dan perusahaan besar lainnya.

Berikut ini beberapa fitur dan layanan yang tersedia di Google Cloud Platform, antara lain :

– Infrasruktur modern yang lebih menghemat keuangan

-Menganalisa secara otomatis

-Security

-AI and Machine Learning

-Smart Analytics

-Business Aplication Platform

-Productivity And Collaboration

-Financial Services

-Retail

-Healthcare

-Media Center and Entertainment

-Dan banyak lagi fitur lainnya yang bisa kamu dapatkan.

 

Cara Membuat VPS di Google Cloud

Tanpa banyak basa basi lagi, berikut ini cara membuat VPS di Google Cloud, antara lain:

1.Silahkan buka web browser di komputer. Kemudian ketikkan kata kunci : Google Cloud. Lalu tekan Enter

2.Buka laman Google Cloud Platform dengan cara mengkliknya

3.Kemudian kamu login atau masuk ke akun google cloud platform. Biasanya secara otomatis akan terhubung langsung dengan akun google cloud platform menggunakan account gmail. Jika belum login maka kamu tinggal login menggunakan akun gmail kamu

4.Sesudah masuk ke akun Google Cloud Platform, kamu tinggal kilik tombol Console yang terdapat di sebelah pojok kanan atas layar.

Langkah ini adalah langkah tahapan penting untuk cara membuat VPS di Google Cloud. Pastikan kamu telah mendaftarkan ke google cloud. Jika tampilan ini tak tampil biasanya kamu belum melakukan pendaftaran cara membuat VPS di Google Cloud. Silahkan lakukan pendaftaran dulu dengan mengisi nama negara. Pilih saja Indonesia. Kemudian memberikan tandang centang pada opsi I have read and agree to the Google Cloud Platform Free Trial Terms of Service. Tekan tombol Continue.

Selanjutnya isi Account Type dengan pilihan inidividual atau bisnis. Kemudian isi Tax information, nama, alamat, propinsi, kode pos, dan payment metode. Kamu diharuskan memasukkan nomor kartu kredit.

5.Pada menu Home, silahkan scroll ke bawah hingga menemukan menu Compute Engine. Kemudian pilih opsi VM Instances. Lalu tekan tombol Create.

6.Akan tampil berbagai pilihan operating sistem yang bisa kamu pergunakan. Kamu pilih saja operating system CentOS

7.Akan tampak berbagai pilihan CentOS. Kamu bisa memilih CentOS6. Kemudian klik tombol Select yang berada di bawah

8.Kemudian kamu diharuskan memberi nama VM. Misalkan : Server atau Testing. Pada bagian region, kamu bisa memilih server yang kamu kehendaki berdasarkan wilayah. Misalkan : Asia southeast1 (Singapura). Pada bagian kolom zona, kamu pilih Asia Southeast1b. Pada jenis mesin, silahkan pilih sesuai yang kamu inginkan. Pada menu Disk Booting, pilihlah Debian GNU atau sesuai kamu kehendaki. Pada bagian Firewall beritanda centang pada tulisan izinkan trafik http dan https. Lalu tekan tombol Creat atau Buat.

Selamat kamu telah berhasil cara membuat VPS di Google Cloud. Kamu sudah sukses membuat VPS VM Instance. Selanjutnya, kamu dapat melakukan login menggunakan SSH Console.

 

Baca juga: Cara menghilang Seperti Ninja di ZOOM

Related posts