Cara Membangun Review Blog Makanan Untuk Pecinta Kuliner 2021

  • Whatsapp
blog makanan

Cara Membangun Review Blog Makanan Untuk Pecinta Kuliner

Di antara Anda ada yang suka berwisata kuliner dan tertarik untuk membangun suatu blog makanan atau blog yang berisi review makanan atau tempat makan?

Jika iya, Anda bisa menyiapkan segala sesuatunya sedari sekarang. Agar blog makanan yang akan Anda bangun semakin sempurna dan menarik, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi kepada Anda tentang bagaimana cara yang tepat membangun blog tentang review makanan. So, simak informasinya di bawah ini!

Cara Membangun Review Blog Makanan Untuk Pecinta Kuliner

Lakukan riset

riset

Sebelum Anda mulai create blog makanan atau blog kuliner dengan tema apapun, hal pertama yang Anda harus lakukan adalah riset. Ada dua tahapan dalam riset yang perlu dilakukan. Pertama, Anda harus menentukan sub niche yang cocok dengan Anda.

Jadi Anda harus tahu bahwa terdapat banyak pilihan sub niche di dalam blog bertema makanan. Nah, Anda dapat secara bebas memilih sub niche tersebut sesuai dengan minat Anda. Kemudian tahap kedua adalah temukan keunikan yang bisa ditampilkan pada blog Anda.

Riset ini sangat diperlukan supaya Anda bisa membuat blog yang berbeda dengan kebanyakan blog bertema sama lainnya. Jadi blog Anda bisa bersaing di mata mesin pencari dan bisa bertahan lama di tengah persaingan. Buat branding sekuat mungkin agar visitor mudah mengingat blog Anda.

Buat blog profesional

Setelah Anda sudah tahu akan membuat blog dengan niche seperti apa dan kemana arahnya maka sekarang waktunya Anda membuat suatu blog. Berbagai macam platform bisa Anda gunakan apakah akan mengcreate atau membuild blog WordPress atau Blogger atau platform lainnya.

Namun dianjurkan Anda menggunakan WordPress yang merupakan platform premium. Anda bisa setting semuanya sedemikian rupa dan punya banyak theme yang sangat menarik untuk mempercantik blog Anda.

Anda perlu ingat bahwa WordPress hadir menyediakan dua buah layanan yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Nah, bagi Anda yang ingin menunjukkan citra sebagai food blogger profesional, WordPress.org adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Alasannya apa?

Baca Juga:  Cara Membaca Pesan WA Yang Sudah Dihapus 2021

Karena blog WordPress.org ini tidak memiliki banyak batasan seperti WordPress.com yang punya banyak batasan. Jadi dengan menggunakan WordPress.org Anda bisa lebih mudah berkreasi. Kemudian selanjutnya Anda harus memilih nama domain yang unik dan mudah diingat.

Anda harus ingat bahwa nama domain adalah identitas Anda di dunia maya yang nantinya akan mengantarkan orang untuk mengingat nama domain tersebut. Pastikan agar Anda memilih nama domain yang singkat, mudah dieja dan mudah diingat sehingga orang akan lebih mudah mengetik nama domain Anda di mesin pencari.

Jangan lupa juga pilih web hosting terpercaya. Sebagaimana yang kita semua tahu bahwa untuk menggunakan WordPress.org Anda butuh web hosting.  Nah, web hosting ini merupakan tempat yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam file, konten serta gambar di blog kuliner yang Anda create atau Anda bangun. Jadi, semuanya adalah satu kesatuan yang harus terpikirkan.

Budget dan pemilihan tempat

pemilihan tempat

Karena blog Anda adalah tentang makanan dan tempat makan, maka Anda harus punya modal untuk membeli makanan atau datang ke tempat makan. Oleh sebab itu menyediakan budget yang cukup sangat penting untuk Anda.

Pilih juga tempat – tempat makan unik yang Anda kemas dengan konten yang kreatif untuk menarik minat visitor berkunjung ke website Anda. Jika perlu sertakan video pendukung di blog Anda atau Anda bisa sekalian membuat channel YouTube yang Anda integrasikan terhadap blog makanan yang Anda buat.

Di awal membangun blog Anda memang harus menggunakan budget Anda sendiri untuk membeli makanan atau pergi ke tempat makan. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan lama kelamaan Anda akan punya rekanan yang mengundang Anda untuk review makanan di tempat mereka.

Buat konten di blog

Karena Anda adalah seorang blogger, maka yang Anda jual adalah konten. Oleh sebab itu, aktivitas membuat konten akan banyak menyita waktu Anda. Konten yang Anda buat sendiri bisa banyak hal mulai dari artikel, gambar, video, perpaduan antara artikel dengan gambar atau artikel dengan video.

Baca Juga:  Cara Membuat VPS di Google Cloud 2021

Mulailah Anda menjadwal konten akan diposting setiap hari apa dan berapa kali dalam satu minggu. Pastikan Anda memposting konten secara rutin paling tidak dua atau tiga minggu sekali atau pun satu kali dalam seminggu.

Anda juga harus tahu bahwa dalam membuat konten untuk blog kuliner, terdapat dua hal yang Anda harus perhatikan yaitu :

  • Konten harus original bukan hasil copy paste dari blog lain. Konten plagiat akan sangat merugikan Anda karena bisa membuat Anda bermasalah dengan pemilik blog aslinya dan menyebabkan blog Anda tidak ramah di SEO optimizationnya.
  • Sertakan foto atau video. Karena konten Anda bukan merupakan konten yang bersifat edukasi maka foto atau video yang disertakan sangat penting. Ingat, blog makanan memerlukan visualisasi oleh sebab itu jika Anda memutuskan membuat blog dengan tema kuliner atau review makanan maka foto atau video yang disertakan menjadi elemen penting pada blog Anda.

Jadi sebelum konten Anda buat pastikan riset keyword sudah dilakukan terlebih dahulu. Riset keyword ini akan sangat membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang populer. Berbagai macam platform pun bisa Anda gunakan untuk riset seperti Ubersuggest, Google Trends, keywordtool.io sampai Ahrefs.

Jangan lupa promosi

promosi

Sama halnya dengan punya suatu produk, promosi diperlukan. Hanya saja bedanya yang Anda promosikan kali ini blog bukan produk. Anda harus menginformasikan tentang penayangan konten Anda agar ketika Anda mempostingnya semakin banyak visitor yang mampir di blog Anda.

Anda bisa mengoptimasi SEO konten Anda karena hal ini menjadi suatu aspek yang penting dan pastikan bangun relasi via sosial media. Anda juga dapat membuat akun sosial media khusus untuk website Anda dan di sana Anda bisa membangun komunitas positif untuk memperbesar relasi atau jangkauan dari peminat visitor website Anda.

Itulah beberapa cara membangun blog makanan atau blog kuliner yang bisa dilakukan. Anda yang memiliki hobi untuk mereview makanan atau tempat makan bisa mencoba ide ini karena akan sangat menguntungkan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Bahaya Pakai Youtube Mod!

 

Related posts