6 Bahaya Pakai YouTube Mod, Waspadailah!

  • Whatsapp
YouTube Mod
YouTube Mod

Bahaya Pakai YouTube Mod, Waspadailah!

Semakin banyaknya iklan pada suatu video YouTube membuat sebagian orang merasa malas nonton video di YouTube. Akan tetapi karena suka mau tidak mau ditonton saja. Sampai pada akhirnya muncul YouTube Mod yang merupakan aplikasi mod dari YouTube.

Lantas, apa bedanya YouTube reguler dan aplikasi YouTube Mod? Dan adakah bahaya dari aplikasi mod ini?

Read More

Nah, YouTube Mod merupakan sebuah aplikasi yang memiliki berbagai macam fitur termasuk fitur ad Blocker dan background video yang tidak ada di aplikasi resmi. Akan tetapi ada beberapa hal negatif atau bisa dibilang bahaya dari aplikasi tidak resmi ini. Berikut kami akan bagikan untuk Anda informasinya!

Bahaya Pakai YouTube Mod

Sebelum kita membahas tentang bahaya pakai YouTube Mod atau YouTube Vanced, terlebih dahulu kita akan mengenal aplikasi modifikasi YouTube yang satu ini beserta fiturnya apa saja sih yang membuat banyak orang tertarik mendownloadnya?

Jadi aplikasi modifikasi YouTube ini merupakan sebuah aplikasi ilegal yang dicreate oleh pihak tak bertanggung jawab. Ada banyak kerentanan yang bisa didapatkan pengguna ketika menggunakan aplikasi modifikasi ini.

Satu – satunya hal menarik dari aplikasi modifikasi YouTube adalah tidak terganggunya aktivitas nonton dengan hadirnya iklan karena aplikasi ini memang memiliki fitur untuk memblock atau membanned iklan ketika YouTube digunakan.

Akan tetapi banyak bahaya juga yang bisa dirasakan pengguna yang tidak disadari akan didapatkan. Apa sajakah bahaya yang dimaksud?

 

Beberapa bahaya penggunaan aplikasi modifikasi YouTube di antaranya :

Berpotensi terserang virus atau malware dan harus dilakukan update secara manual

2 Berpotensi terserang virus atau malware

Bahaya pakai YouTube Mod yang pertama adalah menjadikan smartphone Anda lebih rentan terserang virus atau malware. Sebagaimana yang selama ini kita tahu bahwa jika kita menggunakan aplikasi resmi dari Play Store, soal update aplikasi biasanya secara otomatis terdownload.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Hosting Indonesia Terbaik Unlimited!

Akan tetapi ketika kita menggunakan aplikasi modifikasi non Play Store, justru sebaliknya. Update tidak bisa langsung terdownload melainkan harus dilakukan secara manual. Berbahayanya adalah ketika ada malware atau exploit yang muncul dan kemudian Anda lupa mengecek updatenya jelas smartphone Anda yang akan jadi korban.

Hal lainnya lagi adalah kepastian kapan aplikasi akan dilakukan update juga belum tentu. Jadi pengecekan secara berkala harus dilakukan dan ini akan sangat merepotkan karena pemberitahuan pun tidak bisa didapatkan. Atau malah bisa jadi ketika HP sudah lemot dan butuh update, update justru tidak ada sama sekali dari aplikasi modifikasi. Oleh sebab itu sebisa mungkin YouTube Vance atau semacamnya dan berbagai aplikasi modifikasi lain perlu dihindari.

Berpotensi menerima banned dari Google

Ketika kita menggunakan YouTube, Google memiliki suatu server yang dapat membaca jenis perangkat dan aplikasi yang kita gunakan. Bakan mereka juga dapat mendeteksi kalau kita menggunakan aplikasi yang telah dimodifikasi.

Karenanya tak menutup kemungkinan kalau Google dapat membanned account yang kita gunakan ketika kita menggunakan aplikasi modifikasi termasuk dengan YouTube Vanced. Mungkin buat mereka yang tidak terlalu banyak menggunakan layanan Google tidak akan terlalu bermasalah dengan hal ini.

Akan tetapi bagi mereka yang banyak menggunakan layanan Google seperti Google Drive, Gmail, Google Maps atau yang lain maka hal ini tentu akan sangat menyulitkan mereka. Karena itu berhati – hatilah sebelum bertindak karena akun yang sudah di banned tidak bisa kembali digunakan lagi.

Tidak ada inspeksi dari pihak ketiga

3 Tidak ada inspeksi dari pihak ketiga

Setiap aplikasi yang biasanya masuk ke dalam Google Play Store memang harus melalui serangkaian proses inspeksi dari Google Play Protect. Fungsinya yaitu mencegah munculnya malware, spyware atau bahkan ware jahat lain ke HP android yang digunakan untuk mendownload.

Nah, jika Anda menggunakan YouTube yang telah dimodifikasi, inspeksi dari pihak ketiga tidak ada sehingga berbagai macam spyware, malware atau ware jahat lainnya bisa masuk tanpa adanya pencekalan.

Jika hal tersebut sudah terjadi pakai antivirus pun akan percuma karena tidak adanya penyaring akan membuat malware atau virus bisa dengan sangat mudah masuk ke HP yang kita gunakan.

Baca Juga:  Cara Membuat Konten Youtube Yang Viral 2021

Data pribadi yang tidak aman dan rawan penyalahgunaan

Sebagaimana yang dikatakan oleh Presiden Joko Widodo bahwa data pribadi merupakan data yang sangat berharga. Perusahaan besar seperti Google dan Facebook saja sangat mengakui hal tersebut. Kalau perusahaan besar pun bahkan sering lalai dalam menjaga data pribadi pengguna, apalagi dengan aplikasi modifikasi yang pengembangnya tidak jelas.

Anda harus sangat berhati – hati karena penyalahgunaan data pribadi sekarang sudah banyak dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Jangan sampai data pribadi Anda yang kemudian menjadi sasaran empuk penyalahgunaan karena akan sangat merugikan untuk Anda baik untuk jangka pendek atau pun untuk jangka panjang. Anda harus selalu ingat bahwa data pribadi adalah data yang sangat sensitif untuk dibagikan.

Proses coding yang belum terverifikasi

proses coding

Ketika yang kita gunakan aplikasi YouTube resmi, setidaknya kita bisa tahu dan percaya terhadap pengembang yang sudah terverifikasi. Akan tetapi ketika menggunakan aplikasi modifikasi, kita tidak bisa tahu pengembangnya siapa dan orangnya seperti apa. Kemudian kita juga tidak bisa yakin data diri kita digunakan untuk apa jika sudah masuk ke mereka.

Aplikasi modifikasi pun proses codingnya perlu dipertanyakan karena tidak terverifikasi. Untuk mereka yang sudah paham dengan dunia coding, mungkin bisa melihat seluk beluk aplikasi dan dapat memeriksa jika terjadi kejanggalan.

Akan tetapi untuk khalayak ramai tentu akan terasa susah bagi mereka untuk memastikan kualitas coding dari aplikasi modifikasi oleh sebab itu resiko yang besar sangat mengintai.

Sangat merugikan aplikasi aslinya

Penggunaan aplikasi modifikasi tentu akan sangat merugikan aplikasi resminya. Hal ini juga sering terjadi pada aplikasi dengan fitur premium. Seringkali fitur premium tersebut dimodifikasi atau di crack dengan tujuan membebaskan pengguna dari fitur berbayar.

Dari sisi komersial merugikan aplikasi legal dan dapat berdampak buruk terhadap citra aplikasi di mata masyarakat jika aplikasi modifikasinya ada yang tidak sesuai, karena orang yang tidak tahu akan menyangkut-pautkannya.

Bagaimana? Masih mau menggunakan aplikasi modifikasi? Itulah berbagai macam resiko dan bahaya yang bisa didapatkan dengan menggunakan aplikasi modifikasi. Pastikan Anda mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum tertarik download aplikasi YouTube Mod.

Related posts