Alasan Pentingnya Membangun Blog Bisnis yang Anda Harus Tahu

  • Whatsapp
Membangun Blog bisnis

Alasan Pentingnya Membangun Blog Bisnis yang Anda Harus Tahu

Disadari atau tidak, blog merupakan investasi jangka panjang bagi suatu bisnis. Dengan membangun  blog bisnis, target market atau calon customer bisa diarahkan untuk lebih mengenal dan memahami tentang suatu produk yang kita pasarkan.

Di blog tersebut pebisnis dapat membranding produknya dan memberikan informasi tentang produk secara lebih kompleks terhadap calon konsumen atau target market. Oleh sebab itu bagi pemilik suatu usaha atau bisnis, membangun blog bisnis menjadi aspek yang sangat penting dan tak boleh diremehkan. Alasan pentingnya tentang blog bisnis bisa Anda simak dalam ulasan di bawah ini!

Alasan Pentingnya Membangun Blog Bisnis

Mengenalkan produk lebih baik kepada target market

Mengenalkan produk lebih baik kepada target market
Mengenalkan produk lebih baik kepada target market

Pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Pun begitu dengan produk Anda. Jika pelanggan potensial tidak mengenal produk Anda, maka mereka tidak akan membeli atau setidaknya melirik apa yang Anda jual.

Oleh sebab itu mengenalkan produk Anda kepada target market merupakan hal yang sangat penting. Anda tidak perlu melulu mengenalkan produk melalui sosial media dengan cara post update secara rutin karena hal tersebut cukup melelahkan.

Sebagai alternatif jangka panjang, tulis informasi tentang produk Anda di blog. Anda bisa jelaskan berbagai hal mulai dari nama produk, informasi produk, manfaat produk, kelebihan produk dan berbagai informasi menarik lain tentang produk Anda. Dengan begitu sifatnya yang evergreen membuat Anda tidak perlu branding berulang – ulang untuk mengenalkan produk yang sama. Sangat efektif bukan cara ini sebagai alat marketing pebisnis atau pemilik usaha?

Menciptakan trust dengan pelanggan potensial

Setelah target market tahu dan paham tentang suatu produk yang dijual, mereka bisa mendapatkan trust dengan testimoni dan berbagai ulasan yang terposting di sosial media atau pun blog Anda. Sistem comment yang terdapat pada sebuah blog juga dapat mendorong visitor untuk menyuarakan informasi dan wawasannya tentang produk.

Baca Juga:  Cara Membangun Review Blog Makanan Untuk Pecinta Kuliner 2021

Agar semakin banyak suara positif pada kolom komentar blog Anda, Anda bisa adakan giveaway yang diberikan kepada pelanggan yang pernah membeli dan memberikan ulasan positif di kolom komentar. Dengan demikian trust yang terbentuk di blog Anda akan sangat brilian.

Blog adalah alat soft selling yang sangat baik

Blog adalah alat soft selling yang sangat baik

Jika bicara tentang soft selling, internet memang surganya. Hal ini karena internet merupakan rumah bagi setiap orang yang ingin mencari informasi tentang berbagai macam aspek. Karena internet adalah surga bagi para pencari informasi, maka pemilik bisnis dapat memberikan informasi tentang produknya melalui internet.

Dengan begitu informasi produk tersebut bisa sampai secara merata dan menyeluruh di tangan calon konsumen atau calon target market. Ketika brand Anda kemudian berhasil memberi suatu informasi atau solusi yang dibutuhkan calon pelanggan, maka calon pelanggan yang mendapatkan informasi akan memberikan asosiasi secara positif atas sebuah brand. Bahkan mereka juga berpotensi membeli produk Anda.

Setelah soft selling ini mantap progressnya, baru Anda bisa membuat konten yang sifatnya hard sell. Konten – konten yang bersifat hard sell ini misalkan adalah konten yang menjelaskan tentang berbagai macam fitur dan kelebihan suatu produk yang ditawarkan.

Jadi pada intinya internet adalah suatu wadah untuk menampung informasi yang bisa diberikan oleh brand untuk kebutuhan calon konsumen. Dari internet juga berbagai metode marketing bisa dilakukan baik itu secara soft selling atau hard selling.

Meningkatkan jumlah lead

Suatu blog bisnis tidak hanya berpotensi meningkatkan traffic melainkan juga dapat meningkatkan lead sekaligus prospek. Karena itu membangun blog bisnis menjadi suatu aspek yang sangat penting.

Jadi, yang dimaksud dengan lead adalah sikap ketertarikan calon konsumen pada suatu brand yang biasanya diwujudkan dalam berbagai macam aksi seperti berlangganan newsletter, mendownload booklet, mengisi contact form dan sebagainya.

Semakin banyak lead maka artinya semakin banyak pembeli potensial yang bisa diprospek untuk membeli produk ke depannya. Lead sendiri menjadi bagian dari komunitas penting untuk mengcreate customer persona sehingga proses marketing bisa berjalan jauh lebih baik karena Anda sudah punya kolam potensial di sana.

Baca Juga:  6 Situs Download Gambar Gratis Untuk Blog/Website

Ketika lead sudah tinggi, itu artinya Anda hanya perlu memberikan dorongan agar mereka yang sudah terbentuk di dalam kolam konsumen tadi mau dengan suka rela menjadi pembeli atau bahkan reseller dari produk Anda.

Meningkatkan reputasi suatu bisnis

Business concept. Illustration of collaboration, teamwork and creative thinking
Business concept. Illustration of collaboration, teamwork and creative thinking

Mengukur reputasi bisnis memang tidaklah mudah. Akan tetapi bukan berarti juga meningkatkan reputasi tidak bisa dilakukan. Anda tetap bisa melakukannya, salah satunya lewat blog yang menjadi suatu alternatif cara yang patut dicoba.

Ada beberapa alasan paling logis yang menjadi suatu alasan mengapa membangun blog bisnis dapat mengcreate reputasi suatu brand. Alasan yang pertama adalah karena melalui blog, Anda bisa menjawab berbagai macam pertanyaan konsumen yang berkaitan dengan bisnis yang sedang Anda geluti.

Melalui blog, konsumen bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan tanpa perlu bertanya dua atau tiga kali kepada penjual. Dengan begitu informasi yang disampaikan jauh lebih terarah. Selain itu, dengan Anda meletakkan konten berkualitas di blog maka itu artinya Anda memiliki cara untuk kembali mengingatkan kepada konsumen tentang mengapa produk Anda jauh lebih unggul dari yang lain.

Anda pun bisa menunjukkan betul tentang kelebihan, manfaat dan berbagai hal yang berkaitan dengan apa yang Anda kerjakan untuk meningkatkan reputasi, pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap produk brand Anda.

Meningkatkan closing

Tujuan akhir dari suatu kegiatan bisnis adalah penjualan. Dengan membangun blog bisnis yang memberikan banyak informasi bermanfaat bagi visitor, kehadirannya dapat menjadi suatu alat untuk membantu meningkatkan closing.

Inilah hasil akhir yang didapatkan setiap pengusaha atau seorang pebisnis. Semakin baik informasi yang Anda dapatkan, lead blog Anda dan comment positif yang bisa ditemukan calon customer dari blog, maka akan semakin besar juga potensi closing yang bisa didapatkan.

Jadi, bagi Anda para pemilik usaha atau pebisnis muda perlu mempertimbangkan untuk memiliki blog dan juga membangun blog bisnis sedari sekarang. Namun jika sudah, Anda tinggal perlu untuk memaksimalkan blog Anda tersebut dengan teknik optimasi yang tepat.

Related posts