Air Terjun Sedudo Nganjuk Yang Memanjakan Mata 2021

  • Whatsapp
Air terjun Sedudo Nganjuk
Air terjun Sedudo Nganjuk

Air Terjun Sedudo Nganjuk Yang Memanjakan Mata – Air Terjun Sedudo merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di Nganjuk Jawa timur. Air terjun ini juga termasuk wisata air terjun yang sudah populer di daerah sana. Bukan karena keindahanya saja yang menjadi daya tarik air terjun ini, namun juga karena ada cerita misteri dan mitos yang ada di objek wisata ini. Secara administratif air terjun Sedudo ini berlokasi di wilayah Desa Ngliman, di kecamatan Sawahan, Nganjuk. Air terjun Sedudo letaknya sekitar 30 km ke arah selatan dari Nganjuk, jalurnya melalui Kecamatan Berbek dan Sawahan.

Air terjun Sedudo Nganjuk
Air terjun Sedudo Nganjuk

Lokasi Air Terjun Sedudo Nganjuk

Air terjun Sedudo Nganjuk ini terletak di lereng Gunung Wilis di ketinggian 1.438 meter dari permukaan laut. Dengan ketinggian 105 meter ini juga memiliki fasilitas yang baik dan juga memiliki jalur yang sudah cukup mudah untuk dilewati atau diakses. berikut jika kamu membutuhkan bantuan Google Maps: Klik disini

Meskipun memiliki akses jalan yang mudah dilewati, untuk menuju ke air terjun Sedudo ini memiliki jalan yang menanjak mengingat air terjun ini berada di pegunungan. Selain menanjak, jalan menuju air terjun Sedudo ini juga tentu berkelok. Untuk anda yang tidak membawa atau menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menyewa dan memilih kendaraan umum yang banyak dijumpai di bawah.

Jika anda akan memasuki kawasan wisata air terjun Sedudo ini anda harus membayar tiket di gerbang masuk wisata tersebut. setelah membayar tiket, anda diharuskan trekking untuk sampai di air terjun Sedudo. Ada dua jalan untuk menuju ke wisata tersebut, jalan yang menanjak merupakan jalan untuk sampai ke air terjun Sedudo dan yang jalan menurun adalah jalan menuju ke air terjun Singokromo dan Agrowisata Ganter. Jarak yang ditempuh untuk menuju ke wisata air terjun Sedudo ini sekitar 2 km. Anda juga harus melewati atau melalui pos penjagaan satu kali lagi.

Baca Juga:  Air Terjun Ini Punya Mitos Enteng Jodoh Buktikan!
air terjun sedudo
air terjun sedudo

Mitos Dan Cerita Misterius Air Terjun Sedudo

Mitos tentang air terjun Sedudo ini masih berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit. Konon, air terjun Sedudo ini sudah ada sejak zaman dahulu yaitu di zaman kerajaan Majapahit. Dan dipercaya juga sebagai tirta suci atau air suci yang berasal dari kahyangan. Air yang ada di air terjun Sedudo ini sering di manfaatkan oleh para bangsawan, para raja, dan pendeta dari Majapahit untuk acara ritual. Baik dimanfaatkan untuk membersihkan atau memandikan beberapa senjata pusaka yang dikenal dengan upacara Parna Prahista. Setelah itu, sisa air yang digunakan untuk memandikan pusaka tadi akan dipercikan kepada keluarga untuk mendapatkan keselamatan, keberkahan, dan awet muda.

Ritual semacam ini sampai sekarang masih tetap berlanjut dan dilestarikan oleh Pemkab Nganjuk yang dinamakan dengan Ritual Mandi Sedudo. Ritual Mandi sedudo ini diadakan tepat pada tanggal 1 Suro di penanggalan jawa. selain terkenal dengan cerita itu, air terjun sedudo juga dijadikan sebagai tempat pertapaan Ki Ageng Ngaliman salah seorang tokoh penyebar agama dan ajaran Islam yang ada di Nganjuk.

Cerita misterius yang katanya bisa membuat awet muda ini termasuk salah satu hal yang menjadi daya tarik air terjun Sedudo, sehingga banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Terlebih jika sedang ada ritual Mandi Sedudo akan lebih ramai dari hari biasanya.

Banyak wisatawan yang memanfaatkan air terjun Sedudo ini untuk mandi, atau untuk sekedar mencelupkan kaki saja. Selain tersebar dengan cerita mitos di atas, air terjun Sedudo juga dipercaya masih dimanfaatkan oleh para dewa untuk mandi sehingga airnya tidak pernah kering walaupun di musim kemarau.

Baca Juga:  Destinasi Pasar Seni di Indonesia 2021

Karena cerita-cerita mistis itu, anda yang hendak pergi ke wisata air terjun Sedudo ini harus memperhatikan aturan yang sudah ada disini. Seperti tidak boleh berbuat hal yang tidak baik seperti perbuatan asusila, membawa benda-benda yang ada di sekitar wisata air terjun Sedudo, dan diharuskan membawa kembali sampah-sampah yang dihasilkan oleh anda. Karena menurut kepercayaan jika tidak mematuhi aturan tersebut akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, anda juga harus menjaga bicara ketika sedang berada di lokasi wisata air terjun Sedudo tersebut dan jangan berkomentar asal-asalan atau negatif jika anda melihat sesuatu yang tidak beres atau janggal.

Bukan hanya karena cerita-cerita mitos di atas tadi, pemandangan yang indah dan hijaunya pepohonan di sekitar wisata air terjun Sedudo juga berperan dalam mempopulerkan objek wisata tersebut. Nah air terjun Sedudo ini cocok sekali untuk anda yang ingin liburan di tempat dengan udara yang segar dan juga tenang.

Akhir kata

Demikian tadi adalah cerita mitos dan tentang keindahan yang dimiliki oleh wisata Air terjun Sedudo Nganjuk yang selalu ramai di tanggal 1 suro tersebut. Semoga informasi ini bisa membantu dan memberi manfaat untuk anda yang membacanya!.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner enak di Medan

Related posts