6 Cara Mengelola YouTube Channel Untuk Pemula

  • Whatsapp
YouTube channel

Cara Mengelola YouTube Channel Untuk Pemula

Ketenaran youTuber sukses dengan pendapatan adsense yang sangat besar seperti halnya Atta Halilintar, Ria Ricis, Deddy Corbuzier, Raditya Dika, Nessie Judge dan masih banyak lagi lainnya membuat banyak orang ingin merasakan kesuksesan yang sama. Pada akhirnya banyak pemula membangun sebuah YouTube channel sebagai langkah awal menjadi seorang YouTuber.

Namun bagi pemula, jika Anda ingin sukses Anda harus paham bahwa membangun YouTube channel tidak boleh asal – asalan. Anda harus tahu bagaimana cara tepat membangun dan mengelolanya. Nah, di sini kami akan bagikan informasinya untuk Anda tentang cara mengelola YouTube channel yang tepat bagi pemula. Jadi, simak terus informasinya ya!

Read More

Cara Mengelola YouTube Channel Untuk Pemula

Tentukan tema yang akan dicreate

tentukan tema

Sebelum Anda membuat channel YouTube pastikan Anda sudah tahu arah YouTube channel Anda nanti kemana. Apakah Anda akan membahas tentang misteri, review makanan, review hotel, vlog sehari – hari, membahas pendidikan atau berbagai konten lainnya.

Nah, Anda harus punya tema terlebih dahulu karena hal tersebut akan sangat penting untuk fokus konten yang Anda buat nantinya. Dengan begitu pembahasan di channel Anda tidak ke sana sini.

Create channel

Buat channel Anda sekarang juga. Untuk membuat channel YouTube, hal pertama yang Anda harus siapkan adalah akun Google. Karena YouTube terintegrasi dengan Google maka Anda harus memiliki akun Google untuk bisa masuk, memiliki channel dan dapat mengupload video.

Untuk membuat channel YouTube menggunakan akun Google tata caranya sebagai berikut :

  • Pertama – tama buka aplikasi YouTube atau situs youtube.com
  • Klik login yang tedapat di bagian pojok sebelah kanan dan kemudian masuk menggunakan akun Google Anda
  • Jika sudah masuk dengan akun Google, pada pojok kanan atas klik akun Anda
  • Pilih opsi buat channel atau create channel
  • Nantinya akan segera muncul pop up untuk Anda gunakan memilih nama channel sesuai dengan akun Google atau membuatnya sendiri dengan cara custom. Agar Anda bisa menentukan nama channel YouTube, Anda pilih nama customnya sesuai keinginan Anda.
  • Kemudian masukkan nama channel yang Anda ingin buat.
  • Centang syarat dan ketentuan, kemudian klik buat.
  • Tara, sekarang channel YouTube sudah berhasil dibuat
  • Anda pun bisa mengganti foto profil, deskripsi channel, atau pun memberi tautan ke situs atau media sosial Anda yang lainnya
  • Jika semua sudah selesai, Anda bisa mulai membuat konten dan mengunggahnya di channel YouTube yang sudah Anda punya.
Baca Juga:  Daftar HP Dengan Memori Internal 256 GB Terbaik

Bagaimana cukup mudah bukan untuk membuat atau create YouTube channel? Sekarang, tugas Anda tinggal bagaimana cara mengelola channel agar bisa berkembang dan menghasilkan.

Ketahui apa yang menjadi ciri khas Anda

ciri khas

Ketika keputusan Anda sudah bulat untuk menjadi YouTuber, artinya Anda harus benar – benar berani dan siap bersaing dengan jutaan akun YouTube lain. Karena Anda harus memenangkan persaingan maka itu artinya Anda harus punya ciri khas yang kuat, ciri khas yang sulit ditemukan pada channel yang lain dan Anda juga harus memiliki ambisi agar channel Anda bisa besar dan berkembang.

Dalam hal ini menentukan niche dan tipe konten secara spesifik saja belum cukup. Anda harus menemukan apa yang menjadi ciri khas Anda dalam penampilan, cara bicara atau cara menyampaikan konten video agar bisa berbeda dengan YouTuber lainnya.

Anda juga harus berusaha menyetting ruangan atau atribut yang Anda pakai agar menarik dilihat karena orang yang menonton harus tertarik dan nyaman dengan semua yang mereka lihat. Pastinya Anda harus menjadi diri sendiri, jadilah berbeda dan jangan takut untuk tampil berbeda dengan YouTuber lain karena bisa jadi hal tersebut adalah ciri khas yang membuat video Anda unik dan berbeda dari yang lain.

Siapkan semua peralatan membuat video yang dibutuhkan

Soal peralatan, seringkali hal ini menjadikan banyak orang mengurungkan niat untuk terjun ke dunia YouTube. Banyak orang yang berpikir bahwa untuk membuat konten YouTube yang profesional dibutuhkan alat dan software canggih untuk membuat video terkesan menarik dan enak dilihat.

Padahal, tidak serta merta seperti itu. Untuk memulai, sebagai langkah pertama atau tahap awal Anda hanya perlu menggunakan alat – alat sederhana. Anda bisa mulai menggunakan kamera HP untuk vlog, kemudian Anda bisa belajar secara otodidak tentang bagaimana cara mengedit video agar konten Anda bisa lebih menarik.

Baca Juga:  6 Situs Download Gambar Gratis Untuk Blog/Website

Sebagai motivasi, tidak semua YouTuber sukses langsung menyajikan video dengan kualitas terbaik mereka. Ada banyak YouTuber sukses yang dulunya mengawali pembuatan konten dengan menggunakan alat – alat yang sederhana termasuk kamera HP.

Kemudian setelah channel mereka berkembang dan menghasilkan, barulah mereka mengupgrade peralatan membuat konten YouTube channel mereka agar bisa menyajikan video yang jauh lebih baik lagi.

Buat video semenarik mungkin

buat video

Setelah konsep dan semua peralatan pembuatan video sudah Anda siapkan, sekarang Anda sudah bisa mulai proses shooting. Anda bisa membuat video sendiri atau berkolaborasi dengan teman. Mengawali prosesnya sendiri juga tak masalah.

Lama kelamaan jika sudah berkembang Anda bisa mulai mencari tim yang memiliki tugas masing – masing. Ada yang bertugas memikirkan konten apa yang akan dibuat, ada yang bertugas untuk menyiapkan peralatan dan materi, ada yang bertugas untuk menjadi kameraman dan sebagainya. Dengan begitu kualitas YouTube channel Anda akan semakin bisa dibanggakan.

Cara ini sangat efektif untuk memproduksi konten yang jauh lebih baik. Banyak lho YouTuber yang awalnya hanya berjalan sendiri kemudian seiring berjalannya waktu mereka sudah memiliki tim yang solid untuk membantu membuat konten di channel mereka.

Promosikan YouTube channel Anda

Anda bisa melakukan walking comment section di berbagai channel YouTube di sana Anda bisa memberikan informasi tentang channel Anda. Anda juga bisa menggunakan sosial media baik itu Facebook, Instagram, WhatsApp dan berbagai platform lain untuk mempromosikan YouTube channel Anda agar semakin banyak orang yang mengenal dan menjadi subscriber Anda.

Selamat berusaha menjadi seorang YouTuber bagi Anda yang menginginkannya. Semoga kesuksesan bisa Anda raih segera. Selamat mencoba!

Related posts