Cara Mengobati Asam Urat Tinggi | Obat Alami Tradisional

Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Dengan Obat Alami Tradisional. Seringkali orang menderita penyakit rematik ketika mereka mengalami gangguan asam urat. Mereka merasa sakit pada persendian ketika bergerak dan beraktifitas. Apabila penyakit ini tidak segera diatasi maka akan mengganggu kesehatan anda.

Asam urat atau dalam bahasa Inggris disebut uric acid, urate merupakan senyawa turunan purina (C5H4N4O3) dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L). Kelebihan asam urat (hiperurisemia, hyperuricemia) atau kekurangan (hipourisemia, hyporuricemia) kadarnya dalam plasma darah sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.

Asam urat adalah produk terakhir dari lintasan katabolisme nukleotida purina akibat tiadanya enzim urikase yang mengkonversi asam urat menjadi alantoin. Ketika kadar asam urat berlebih maka dapat menimbulkan penyakit batu atau pirai di persendian (rematik).

Cara Mengobati Asam Urat Dan Rematik

Gejala timbulnya asam urat dapat diketahui dari beberapa hal berikut ini:

  • Persendian terasa nyeri, ngilu, linu dan kesemutan hingga sampai membengkak dan berwarna kemerahan atau meradang. Rasa nyeri di pesendian biasanya terasa nyeri saat pagi hari ketika baru bangun tidur atau malam hari ketika suhu dingin terasa.
  • Rasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang kali.
  • Nyeri sering terjadi pada sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan serta siku.
  • Pada kejadian kasus yang parah mengakibatkan persendian terasa sangat sakit saat akan bergerak.

Untuk mengobati asam urat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat asam urat tradisional yang alami. Beberapa obat yang khasiatnya ambuh sebagai cara mengobati asam urat adalah sebagai berikut:

1. Pare

Pare adalah jenis sayur yang sering dijadikan obat asam urat yang manjur. Cukup mengambil 1 buah pare mentah kemudian dibuang bijinya dan di cuci sampai bersih. Potong pare tersebut tipis-tipis dan rebus dengan 2 gelas air sampai matang dan sisa air menjadi 1 gelas. Minumlah air rebusan pare tersebut sebanyak 1 kali sehari.

2. Daun salam

Jenis daun yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan salah satunya adalah daun salam. Siapkan 10 lembar daun salam yang masih segar. Rebus dengan 2 gelas air dan tunggu hingga tersisa 1 gelas kemudian minum sehari 2 kali.

3. Ubi Jalar Merah

Cara mengolah ubi jalar merah sebagai obat rematik adalah dengan mengambil ubi jalar merah sebanyak 200 gram, campur dengan 5 butir cengkeh, 1 ruas jari kayu manis, 1 buah biji pala, 15 gram jahe merah, 10 butir merica, 5 butir kapulaga dan gula secukupnya. Rebus dengan 1,5 liter air dan tunggu hingga mendidih. Jika air sudah tersisa 0.5 liter maka angkatlah hasil rebusan air tadi. Munum air tersebut sehari 2 kali.

4. Sidaguri (Sida rhombifolia)

Sidaguri mengandung alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino, minyak atsiri, zat phlegmatic untuk ekspektoran, dan lubrikan. Dalam pengobatan tadisional, sidaguri sering digunakan sebagai antiradang, peluruh kencing dan penghilang rasa sakit. Sedangkan untuk mengobati asam urat, sidaguri dapat diramu dengan mudah. Caranya adalah rebus 15-30 gram sidaguri kering atau 30–60 gram sidaguri basah dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Minum hasil rebusan sebanyak ½ gelas setiap hari.

5. Sambiloto (Adrographis panniculata)

Sambiloto seringkali dikenal dengan nama papaitan, ki peurat, bidara, kayu mas, lang, ki pait, sampiroto, atau ki oray. Kandungan flavanoid, alkane, keton, aldehid dan juga beberapa mineral seperti kalsium, kalium dan natrium pada sambiloto mampu mengobati penyakit asam urat tinggi dan rematik. Cara menggunakan sambiloto sebagai obat alami asam urat adalah dengan merebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10 gram, komfrey 5 – 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air. Tunggu hingga matang dan tersisa setengah dari air rebusan. Dosis penggunaannya adalah 3 kali satu gelas setiap hari dan diminum ketika 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

6. Kumis kucing (Orthosiphon aristatus)

Salah satu tanaman obat rumah yang ampuh untuk menghilangkan gejala asam urat adalah kumis kucing. Kandungan garam kalium pada kumis kucing berkhasiat melarutkan batu ginjal. Selain itu kandungan sinsetinnya bersifat sebagai antibakteri dan tanaman ini juga mengandung senyawa orthosiphonin glikosida. Sifat diuretik pada kumis kucing mampu membantu tubuh membuang kelebihan asam urat lewat urin.

Cara menggunakan kumis kucing sebagai obat asam urat alami adalah merebus 1 liter air dengan 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram daun basah, 10 gram meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga kering. Kemudian memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain dan tambahkan ke bahan-bahan diatas. Tunggu hingga rebusan air tesebut tersisa menjadi setengahnya. Dosis penggunaannya adalah ¾ gelas (150 ml) saat pagi, siang dan sore hari. Atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

Penderita asam urat juga memiliki pantangan dalam mengkonsumsi makanan seperti dibawah ini.

  • Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak.
  • Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden.
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng.
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden).
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda.
  • Bebek, angsa dan kalkun.
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa.
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.
  • Makanan kaya protein dan lemak.

Untuk menghindari terjadinya penyakit asam urat yang berkelanjutan makan anda disarankan untuk:

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang
  • Mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan strawberry, buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat
  • Perbanyak mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi
  • Jangan minum aspirin
  • Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan
  • Pada orang yang kegemukan (obesitas), sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup

Selain beberapa hal di atas, penderita asam urat harus banyak minum air putih terlebih bagi mereka yang mempunyai penyakit batu ginjal. Dengan banyak minum air putih maka dapat membantu ginjal untuk mengeluarkan kristal asam urat dari dalam tubuh melalui urine.

Sebagian besar penderita asam urat juga memiliki penyakit lainnya seperti hipertensi, diabetes atau juga penyakit ginjal. Jika penyakit asam urat tidak segera di obati maka dapat berkembang menjadi penyakit batu ginjal paling parah adalah mengakibatkan gagal ginjal bagi penderita asam urat tersebut. Baca juga khasiat kulit manggis sebagai obat berbagai macam penyakit.

Demikian Cara Mengobati Asam Urat Tinggi Dengan Obat Alami Tradisional yang dapat kami sampaikan. Jika anda juga menderita sariawan, maag, dan sakit gigi maka anda dapat membaca obat sariawan alami, obat maag tradisional, dan obat sakit gigi alami.

Cara Mengobati Asam Urat Tinggi | Obat Alami Tradisional | ninisku | 4.5