7 Alasan Mengapa Tidur di Lantai Menyehatkan

manfaat tidur di lantaiBanyak orang belum mengetaui manfaat tidur di lantai. Sebenarnya, sesekali tidur di lantai tidaklah merugikan. Justru sebaliknya, tidur di lantai banyak memberikan kita keuntungan. Pada awal-awal mencoba, mungkin anda merasa rindu dengan kasur anda yang empuk. Akan tetapi, secara bertahap anda akan terbiasa tidur di tempat yang keras.

Benarkah bahwa tidur di lantai bisa menyehatkan? Ya, tentu saja. Tidur di lantai akan memaksa kita membentuk postur yang tepat sehingga bisa meringankan stres dan membuat otot-otot menjadi lebih rileks. Untuk membiasakan diri, mungkin kita membutuhkan tiga hingga enam hari untuk terbiasa tidur di permukaan yang keras. Setelah itu kemungkinan besar anda mulai menikmatinya. Namun, tidur di lantai bukan untuk semua orang.

Sebelum anda melakukan kebiasaan ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter tentang bahaya kesehatan yang akan terjadi bila tidur di lantai. Terutama, apabila anda memiliki masalah dengan nyeri otot atau masalah medis yang lainnya.

Manfaat tidur di lantai

manfaat tidur di lantai untuk kesehatanBeberapa manfaat berikut ini mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan, terutama bagi anda yang tidak memiliki masalah dengan kondisi medis seperti otot yang nyeri.

1. Mencegah sakit pinggang

Beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa tulang belakang dapat tetap lurus dan menyesuaikan diri dengan baik di lantai. Hal ini akan membantu mencegah sakit pinggang atau sakit pada punggung.

2. Insomnia

Seberapa studi yang bisa dipercaya mengatakan bahwa tidur di lantai akan membantu kita mengatasi insomnia. Terutama bagi anda yang tinggal di daerah-daerah bersuhu panas, tidur di lantai akan memberikan banyak keuntungan, salah satunya adalah membuat anda lebih mudah tertidur. Cara menghilangkan insomnia dengan tidur di lantai bisa kamu coba mulai sekarang.

3. Menyelaraskan bahu

Saat anda merasa bahwa dbahu anda tidak selaras atau tidak pada kondisi yang benar, biasanya hal tersebut akan menyebabkan sakit pada leher dan punggung.
Untuk mengatasi masalah ini, cobalah tidur diatas permukaan lantai dengan terlentang. Secara bertahap anda akan merasakan perubahan pada bahu.

4. Membuat darah bersirkulasi dengan baik

Apabila anda tidur di lantai dengan postur yang benar, maka sirkulasi darah akan meningkat. Selain itu, mekanisme penyembuhan pada tubuh juga akan bekerja dengan lebih baik pada saat kita tidur di lantai.

5. Tubuh lebih rileks dan santai

Pada saat kita tidur di kasur, tubuh biasanya akan menyesuaikan diri dengan lekukan kasur. Namun pada saat kita tidur di lantai, lantai yang datar akan memaksa tubuh menjadi lebih rileks. Dengan begitu anda bisa melepaskan ketegangan. Tidur di lantai juga dipercaya sebagai cara menghilangkan ngantuk saat bekerja lho.

6. Baik untuk pinggul

Pada saat kita tidur di lantai, pinggul akan menyelaraskan dirinya sehingga sejajar dengan otot lain dan dapat meminimalkan rasa sakit serta ketidaknyamanan.

7. Mengatasi gelisah

Apabila anda kesulitan tidur di atas kasur dan mengalami gelisah, cobalah memindahkan selimut dan bantal anda ke lantai lalu tidurlah dilantai. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur di lantai bisa mengatasi gelisah.

Setelah tidur biasanya bau mulut anda sangat mengganggu. Anda bisa mencoba cara menghilangkan bau mulut secara alami di artikel berikutnya. Itulah beberapa manfaat tidur di lantai yang bisa kami sampaikan. Tips kesehatan ini bisa anda terapkan di rumah lho. Selamat mencoba.

7 Alasan Mengapa Tidur di Lantai Menyehatkan | ninisku | 4.5